Header Ads

Cara Agar Komputer Dan Laptop Terhindar Dari Virus


Masalah yang paling sering terjadi pada komputer atau laptop adalah serangan virus. Masalahnya virus itu bisa menyebar melalui banyak media, apalagi jika komputer mu berhubungan dengan media-media tersebut akan memberikan peluang bagi virus untuk menyusup ke dalam komputer mu.

Nah, dari bahaya yang ditimbulkan akibat virus ini, tentunya membuat kamu harus lebih ekstra lagi untuk menjaga laptop atau komputer mu, dari jahatnya virus yang bisa berbuat seenaknya tanpa kamu ketahui. Untuk itu, kamu harus mengetahui tips cara agar komputer dan laptop terhindar dari virus, agar perangkat komputer kamu menjadi aman.

Berikut tips agar komputer terhindar dari virus


1. Media Penyebaran Virus

Media pertama yang jadi penyebaran virus adalah melalui internet. Saat kamu browsing dan melakukan hal-hal lain di dunia maya, virus akan masuk ke laptop kamu saat terhubung dengan internet.

Yang kedua adalah melalui media penyimpanan seperti flash disk, hard disk external, memory card, dan lain-lain. Contohnya saat kamu baru saja menggunakan flash disk mu di warnet yang bervirus, kemudian kamu mencolokkan flash disk tersebut di laptop mu, maka otomatis virus dari warnet yang telah masuk ke dalam flash disk tersebut akan berpindah di dalam laptop mu saat itu juga.

Yang selanjutnya melalui jaringan komputer. Jika kamu mempunyai laptop atau komputer yang bersih dari virus, jangan kamu hubungkan laptop mu melakui kabel LAN dan mengkonekkannya dengan laptop atau komputer lain yang bervirus. Sebab, virus di tempat lain akan hijrah ke komputer mu melalui jaringan tersebut.


2. Gunakan Antivirus

Agar komputer atau laptop terhindar dari virus, tentunya kamu juga wajib memasang antivirus di komputer mu. Terserah mau menggunakan yang merek apa. Tapi agar lebih efektif, gunakan dua antivirus sekaligus dengan syarat satu antivirus internasional, satu yang lokal saja.

Penggunaan antivirus cukup lumayan membantu, karena beberapa diantaranya bisa memblokir virus yang aktif, dan memberitahukan kepada Anda bahwa mereka telah memblokirnya.


3. Scan Media Penyimpanan

Seperti yang aku sebut sebelumnya, bahwa media penyimpanan sering menjadi tempat penyebaran virus. Misalnya kamu mempunyai flash disk, kemudian kamu gunakan colok sana-sini di laptop teman mu atau di warnet yang bervirus. Jadi usahakan sebelum memakainya di komputer mu, scan terlebih dahulu flash tersebut menggunakan antivirus di komputer mu.

Jika kamu menggunakan dua antivirus sekaligus, lebih bagus scan dengan keduanya. Kemudian jika terdeteksi adanya virus di flash disk mu, jangan ragu-ragu untuk me-removenya. O iya jangan lupa ya, scan juga data-data di komputer kamu.


4. Pasang software deep freeze

Jika kamu ingin laptop mu lebih aman lagi, pasang software deep freeze  buatan faronics di laptop atau komputer kamu. Sebab software ini dapat menjaga komputer mu dari malware, virus atau eror system yang lainnya.

Jadi cara kerjanya, deep freeze akan membekukan partisi drive di komputer kamu, baik partisi system atau tempat menyimpan datanya. Kemudian jika partisi telah dibekukan, meskipun ada virus masuk di system operasi kamu, maka tinggal restart saja systemnya, kemudian komputer kamu akan kembali seperti saat semula (sebelum virus masuk).

Tapi sayangnya ini juga berlaku untuk data. Jadi intinya deep freeze akan mengembalikan perubahan apapun di komputer kamu, termasuk data atau aplikasi baru yang terinstal setelah deep freeze diaktifkan.

Tapi tenang, karena deep freze bisa digunakan untuk memilih partisi mana saja yang akan dibekukan. Misalnya kamu tidak ingin repot-repot menonaktifkan deep freez saat akan menyimpan data di partisi D atau E, maka kamu bisa memilih C saja yang dibekukan.



Baiklah, aku rasa cukup sekian tulisan ku tentang tips dan trik cara agar laptop atau komputer mu terhindar dari virus, semoga bermanfaat. Silahkan dishare jika merasa ganteng hehe. Gimana? Gampang, kan?

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.