Header Ads

Cara Membuat Bunga Bakung dari Busa


Bunga-bunga busa buatan rumah sangat cocok untuk hiasan pesta. Membuatnya mudah, ini merupakan prakarya yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak. Berikut semua perlengkapan yang Anda perlukan untuk membuat kreasi warna-warni ini.
  • Lembaran busa
  • Pembersih pipa
  • Lem tembak panas dan lem stik
  • Gunting
Jangan cemas, cara membuatnya gampang kok. Berikut tutorialnya.



1. Potong sebentuk lingkaran dari selembar busa. Bagian ini akan menjadi bagian yang mekar dari bunga bakung. Diameter lingkaran bisa dibuat besar atau kecil tergantung pada keinginan Anda.



2. Lipat lingkaran di tengah. Pastikan Anda melipatnya dengan rapi, sehingga bentuk bunga bakung akan benar.



3. Ubah bentuk lingkaran sehingga membentuk hati yang melingkar. Mulailah dengan menempatkan gunting pada bagian bawah dari busa yang sudah dilipat. Potong di sepanjang pinggir lingkaran, lalu gunting di bagian atasnya untuk menghasilkan sudut yang menekuk. Saat Anda membuka lipatan lingkaran, bentuknya akan terlihat seperti hati yang bulat, dengan dua punuk yang halus pada bagian atasnya; sementara bagian bawah hati harus tetap berbentuk bulat.


  • Bentuk hati klasik memiliki ujung bagian bawah yang sedikit tajam, tetapi pastikan bahwa kali ini Anda membuat ujungnya berbentuk sedikit melingkar.


  • Jangan sampai punuk-punuk yang ada terlalu tajam; Anda harus membuatnya dengan halus.



4. Iris sedikit bagian di antara punuk-punuk tersebut. Ini akan mempermudah pembentukan busa menjadi bentuk tabung yang dihasilkan bunga bakung yang mekar.



5. Potong pembersih pipa kuning menjadi setengah, lalu lipat menjadi dua bagian yang sama besar. Pelintir kedua ujungnya. Benda ini akan menjadi benang serbuk sari bunga bakung, yang menjulur keluar dari bagian tengah bunga yang mekar seperti bunga sungguhan.



6. Lekatkan pembersih pipa pada celah di antara kedua punuk. Gunakan lem bakar di antara kedua punuk pada bagian atas irisan, dan letakkan pembersih pipa yang sudah dilipat di atasnya sehingga bagian ujungnya yang terlipat mengarah ke bagian bunga bakung yang mekar. Bagian ini harus menjulur melewati celah, kira-kira sepanjang 1,25 cm.



7. Kumpulkan kelopak bunga bakung yang mekar hingga mengitari pembersih pipa. Gunakan sedikit lem bakar pada bagian depannya, tepat pada celah mekarnya bunga. Ambil kedua sisi bunga yang mekar (tepat di mana Anda membuat irisannya) dan satukan di depan pembersih pipa, tekan sehingga menempel karena lem bakar. Anda bisa menambahkan lem di antara sisi-sisinya jika diperlukan.



8. Buat bagian batang dengan menggunakan pembersih pipa berwarna hijau. Bungkuskan bagian atasnya mengitari bagian dasar pembersih pipa yang kuning, sehingga warna kuningnya tertutupi. Biarkan bagian ujung pembersih pipa hijau agar tetap lurus sehingga terlihat menyerupai sebuah batang.


Yup, sudah selesai! Gimana? Gampang, kan? Hanya dengan beberapa alat dan bahan di atas, kalian sudah bisa membuat bunga cantik yang cocok untuk hiasan di rumah. Kalian juga bisa membuat bunga violet dan bunga krisantemum. Artikelnya ada di bagian Hobi dan Kerajinan Tangan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.